Tag Archives: tips

Tetap Aktif Saat Puasa? Ayok Aja!

Nggak kerasa ya, ini udah sepuluh hari kedua Ramadhan tahun ini. Gimana puasanya? Lancar? Atau ada yang hari pertama udah gak puasa kayak saya? Huhuhu… Hari-hari pertama puasa kadang terasa agak susah ya, mungkin karena ada beberapa perubahan yang terjadi dalam tubuh. Seperti kudu bangun lebih pagi untuk sahur dan tidak mengonsumsi apa pun hingga waktu berbuka. Tapi ada lho cara jitu agar puasa terasa ringan, jadi tidak mencegah kita untuk beraktivitas seperti biasa. Juga gak mencegah kita untuk hunting koleksi busana muslim modern buat Lebaran nanti, yay! Hehehe.. 😛

Yang pertama, sebaiknya kita mengakhirkan sahur. Apalagi, kita juga disunnahkan melakukannya kan? Saat kita mengakhirkan sahur, energi dari makanan sahur diharapkan akan lebih lama bertahan sehingga puasa jadi lebih lancar dijalankan. Yang pasti, jangan sampai nggak sahur ya, karena sahur adalah berkah.

Yang kedua, meskipun kita bisa mendapatkan energi dari makan sahur, tapi kita disarankan untuk tidak berlebihan. Soalnya, kalau kita mengonsumsi terlalu banyak makanan saat sahur, tubuh kita akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mencernanya. Akibatnya, kita jadi lebih cepat capek dan merasa mengantuk. Jadi, biasakan sahur secukupnya, ya.

Yang ketiga, berikan asupan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak yang cukup sebagai sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat kompleks membuat kita merasa kenyang lebih lama. Jadi, bagus sekali mengonsumsi bahan makanan seperti beras merah, apel, brokoli, wortel, ubi, dan bayam. Juga tambah protein seperti putih telur, ikan, ayam, daging, dan kacang-kacangan.

Yang keempat, kurangi kandungan garam untuk mencegah dehidrasi. Terlalu banyak garam bisa membuat kita merasa lebih cepat lapar. Mengurangi garam juga bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

Yang kelima, jaga asupan air putih. Pastikan kita mengonsumsi minimal 8 gelas air putih dalam sehari. Yang paling mudah adalah dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Nah, lima tips itu bisa banget diterapkan agar puasa kita jadi lebih lancar dan terasa lebih ringan. Kalau udah gitu, berbukanya juga jangan berlebihan yaa.. Apalagi yang biasa langsung berbuka setelah sholat Magrib. Kalau kebanyakan bisa-bisa pas Tarawih jadi ngantuk banget lho.

Terus nih, kalau puasanya terasa ringan, kita juga gak akan tidar tidur aja kerjaannya, hehehe. Nggak akan ada yang bisa bikin kita malas beraktivitas. Mau kerja, ayok. Mau masak, ayok. Mau olahraga, siapa takut. Mau belanja, waaa mau bangeett.

Tapi kalau belanja sekarang kok kayak agak horor gitu ya. Apalagi kalau bukan karena lagi banyak banget juga yang lagi pengen belanja. Belanja pun jadi semacam nggak nyaman dan nggak leluasa buat pilih-pilih yang sesuai karena suka jadi rebutan gitu.

Eh, tapi ada solusi jitu nih buat belanja nyaman, aman, dan leluasa. Kalau cara saya sih, mending belanja online. Tinggal duduk manis di mana saja, buka laptop (atau ponsel cerdas), dan klik-klik, bayar, trus tunggu barangnya dateng. Enak kan? Salah satunya yang saya suka adalah MatahariMall.com.

Pengen busana muslim baru buat dipakai saat Lebaran? Pengen lihat koleksi busana muslim modern yang keren dan banyak pilihan? Di sini nih tempatnya koleksi busana muslim modern yang lengkap. Cus deh, lihat sendiri. Ada berbagai macam gaya busana modern yang pas banget dipakai di hari Lebaran. Apalagi, busana muslim di sini dijamin anggun dan bersahaja, eksklusif, dan yang penting, terjangkau.

BIA by Zaskia Mecca Celana Boston S2 - Krim

Salah satu koleksi MatahariMall.com: BIA by Zaskia Mecca

Cara belanjanya juga mudah banget. Cukup pilih busana muslim favorit dan masukkan ke keranjang belanja. Setelah itu tinggal checkout deh. Pengirimannya gratis, barang bisa dibayar di tempat, dan bisa juga diambil di ratusan lokasi yang sudah ditetapkan.

Yuk, tunggu apa lagi?