Tag Archives: hari batik

Menurut Saya, Kain Batik Adalah…

..keunikan tersendiri warisan budaya Indonesia. Keren sih ya bisa berpikir untuk menuangkan motif-motif seperti itu di atas secari kain. Mana pembuatannya njelimet banget gitu… (eh kalo sekarang sih kayaknya udah bisa disederhanakan dan dipermudah – dan yang bikin harga batik semacam ini jadi lebih murah ya)

Hari Batik masih cukup lama, 2 Oktober, jadi masih cukup waktu kok buat menyiapkan busana batik apa yang pengen dipake di hari itu, hehehe.. Yah, biar agak istimewa gitu loh ya, ngehehe..

Buat yang bingung gimana cara memilih kain batik biar bisa tetep nyaman, bergaya, dan pastinya bikin tambah percaya diri, saya punya tipsnya.

Diambil dari sumber di sini, yang harus kita perhatikan adalah:

1. Lihat jenis kain batiknya. Apakah batik cetak ataukah batik tulis, jenisnya itulah yang menentukan tinggi rendah harganya.
2. Lihat jenis bahan kain batiknya. Apakah akan dipakai untuk sehari-hari atau dipakai di acara khusus. Jadi pemilihan jenis bahan kain batik ini akan menentukan kenyamanannya saat dikenakan. Kalau digunakan pas sehari-hari, mending yang bahannya katun karena menyerap keringat. Kalau buat pesta, mending yang bahannya sutra karena jatuhnya bisa lebih cantik.
3. Raba cetakan warnanya. Cetakan warna ini menentukan kualitas batik. Kalo pas diraba catnya membekas di tangan, artinya kualitasnya tidak seberapa bagus.
4. Balik bahan kain batik. Kain batik berkualitas tinggi biasanya cetakan luar dan dalamnya sama. Biasanya juga lebih awet.
5. Tempelkan ke kulit. Kalau kain batik terasa dingin di kulit, itu artinya kualitasnya baik. Dan biasanya tidak cepat kusam setelah dicuci berkali-kali.

Selamat berburu kain batik :D.