Tag Archives: elevenia

Menurut Saya, Kain Batik Adalah…

..keunikan tersendiri warisan budaya Indonesia. Keren sih ya bisa berpikir untuk menuangkan motif-motif seperti itu di atas secari kain. Mana pembuatannya njelimet banget gitu… (eh kalo sekarang sih kayaknya udah bisa disederhanakan dan dipermudah – dan yang bikin harga batik semacam ini jadi lebih murah ya)

Hari Batik masih cukup lama, 2 Oktober, jadi masih cukup waktu kok buat menyiapkan busana batik apa yang pengen dipake di hari itu, hehehe.. Yah, biar agak istimewa gitu loh ya, ngehehe..

Buat yang bingung gimana cara memilih kain batik biar bisa tetep nyaman, bergaya, dan pastinya bikin tambah percaya diri, saya punya tipsnya.

Diambil dari sumber di sini, yang harus kita perhatikan adalah:

1. Lihat jenis kain batiknya. Apakah batik cetak ataukah batik tulis, jenisnya itulah yang menentukan tinggi rendah harganya.
2. Lihat jenis bahan kain batiknya. Apakah akan dipakai untuk sehari-hari atau dipakai di acara khusus. Jadi pemilihan jenis bahan kain batik ini akan menentukan kenyamanannya saat dikenakan. Kalau digunakan pas sehari-hari, mending yang bahannya katun karena menyerap keringat. Kalau buat pesta, mending yang bahannya sutra karena jatuhnya bisa lebih cantik.
3. Raba cetakan warnanya. Cetakan warna ini menentukan kualitas batik. Kalo pas diraba catnya membekas di tangan, artinya kualitasnya tidak seberapa bagus.
4. Balik bahan kain batik. Kain batik berkualitas tinggi biasanya cetakan luar dan dalamnya sama. Biasanya juga lebih awet.
5. Tempelkan ke kulit. Kalau kain batik terasa dingin di kulit, itu artinya kualitasnya baik. Dan biasanya tidak cepat kusam setelah dicuci berkali-kali.

Selamat berburu kain batik :D.

Menurut Saya, Liburan Berakhir Adalah…

…cobaan beraaatt arrrrggh! Saat lagi seneng-senengnya kumpul sama keluarga, kelonan terus sama #beibizee, eeeh… ujug-ujug udah harus masuk kerja lagi. Nggak asik! Saya mau liburan diulang karena banyak kecurangannya! #eh #mintaditimpuksandaljepit

Jadi inget dulu pas masih sekolah, kalau udah mau masuk sekolah abis liburan, adaaa aja yang dijadiin alesan buat nggak masuk. Sakit perut kek, kecapekan kek, nggak enak badan kek, dan lain sebagainya.

Eh, tapi semua berubah saat masuk abis liburan kenaikan kelas sih biasanya. Soalnya nih, biasanya semua perlengkapan sekolahnya pada baru gitu, hwaakakakakaa…

Kalo pas liburan kan baju baru gitu ya, kalo masuk sekolah dan naik kelas dengan nilai cemerlang, nggak cuma seragam aja yang baru, bahkan sampai penghapus aja juga baru hahahaa.. pokoknya: semua perlengkapan sekolah harus kinyis-kinyis kinclong-kinclong gitu deh.

Lalu di hari pertama terasa sangat exciting karena selain pake perlengkapan sekolah baru, kelasnya juga baru, buku pelajarannya baru, dan biasanya gurunya juga baru.

Kadang-kadang jadi pengen kembali ke bangku SD pas lagi lucu-lucunya ituh..

Menurut Saya, Kebaya Modern Adalah…

…kebaya yang tidak kuno. #halah ya iyalah Pek, apaan sih!

Hahaha, ya emang gitu kan ya tapi? Saya ingat waktu mau resepsi pernikahan dulu, bingung-bingung mau bikin kebaya kayak gimana. Google pun cukup membantu untuk mencari ide-ide kebaya modern yang pengennya emang mau saya pakai di resepsi.

Saat itu saya udah ngumpulin banyak gambar kebaya modern, dari yang warna soft sampai ngejreng, dari yang sentuhan modern-nya nggak terlalu kentara sampai yang desainnya udah nggak terduga banget, dari yang sederhana sampai yang wah banget. Dikumpulin semua, dipandang-pandangi terus, lalu ditimbang-timbang buat menciptakan desain yang paling cocok buat badan saya dan tema pernikahan.

Eh tapi akhirnya nggak jadi bikin desain sih, soalnya pada akhirnya kebaya yang dipakai buat resepsi dipinjemin sama temen wkwkwk (maklum, budget resepsi mepet banget, jadi kalo misal dapet pinjeman juga kenapa enggak, wakakaka). Yang akhirnya mendesain sendiri adalah kebaya modern yang saya pakai buat di akad aja. Juga kebaya modern yang dijadikan peningsetan (yang sampai sekarang belum kepake #sigh).

Jadi, sebenernya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita mau bikin kebaya modern (yang artinya memodifikasi kebaya dari basic design-nya). Menurut sumber di sini, yang paling perlu diperhatikan saat ingin membuat kebaya modern adalah bentuk tubuh. Jangan hanya karena pengen desain yang unik, lalu kita maksa aja makenya karena nggak sesuai dengan bentuk tubuh.

Setelah kita tahu gaya apa yang sesuai dengan bentuk tubuh, baru deh kita modifikasi kebayanya. Mau modifikasi kerah, lengan, ataupun cutting, terserah. Semoga berhasil! 😀

Menurut Saya, Bibir Cantik Adalah…

…yang terlihat segar merona dan merekah, semacam bunga di taman #halah. Ya, to be honest, siapa sih yang nggak suka bibirnya canteekk jelita bak punya Angelina Jolie gitu? Agak-agak dower seksi gitu deh, bhihihik.

Tapi pasti ingat kan ya kata pepatah: beauty is pain.

Ya bukan berarti kita harus jatuh sakit biar jadi cantik sih, bukaaan. Artinya adalah kalau kita mau cantik dan tetap cantik ya harus dirawat dan dipelihara. Begitu juga kalau pengen punya bibir yang cantik, ya harus dikasi perawatan bibir, begitu…

Buat saya, perawatan bibir bukan hal yang mudah. Sama dengan kulit wajah, bibir juga bagian yang cukup sensitif. Nggak mau kan salah pilih perawatan bibir yang ada malah bibir kita jadi menghitam dan pecah-pecah parah, bukan malah jadi sehat dan menawan.

Yang pasti, selain kudu pinter dan selektif memilih lipcare alias perawatan bibir, ingat untuk tidak menumbuhkembangkan kebiasaan menggigit dan menjilat bibir! Soalnya itu malah bikin bibir semakin kering, bukannya malah terlihat basah dan merah mengagumkan. *aduh bahasaku lebayyy*

Trus kalau saya sih biasanya suka pake lipbalm alias pelembab bibir. Sukanya sih yang terbuat dari ekstrak madu. Kalau nggak gitu ya yang biasanya beraroma vanila. (Eh, nyambung nggak sih? Ah udahlah, pokoknya gitu deh.)

Beberapa tips lainnya adalah (sumber dari sini):

  1. Memanfaatkan kunyit. Selain dikenal sebagai bumbu masak, kunyit dikenal sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit. Campur susu cair dengan sedikit bubuk kunyit. Usapkan pada bibir dan biarkan 5 menit. Bilas dengan air bersih.
  2. Menggunakan kelopak mawar. Kelopak mawar bisa mengembalikan rona cerah dan merah muda pada bibir. Tumbuk beberapa kelopak mawar merah, lalu usapkan pada bibir. Diamkan 5 menit lalu bilas dengan air bersih.
  3. Scrub gula dan lemon. Gunakan scrub alami yang merupakan campuran gula dan air lemon untuk mengurangi bibir kering dan mengelupas. Gosok perlahan pada bibir selama satu menit, lalu bilas dengan air.

Selain itu (sumber dari sini):

  1. Minum air putih. Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama kondisi bibir kering dan pecah-pecah. Rajinlah minum 1,5 – 2 liter air putih (8 – 9 gelas) setiap hari. Hindari minuman manis atau soda yang mengandung banyak gula karena akan bikin bibir makin kering.
  2. Konsumsi buah dan sayur. Makan makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna, terutama buah dan sayuran yang kaya akan vitamin A, C, E (seperti tomat, pepaya, mangga, semangka, jambu, wortel, stroberi, kiwi, jeruk, alpukat, brokoli, bayam, kol, kentang, dan labu) untuk mengembalikan pH balance dalam tubuh.

Yuk dilakuin yuk! (Padahal sendirinya nggak suka makan sayur #sigh).

Menurut Saya, Jerawat Adalah…

..musuh bebuyutan kulit wajah saya! Dia seolah selalu bersembunyi di mana-mana untuk kemudian sekonyong-konyong datang dan merusak kehalusan kulit wajah saya! *halah lebay*

Eh tapi nggak lebay juga sih, soalnya emang jerawat ini masalah yang gawat banget kalau nggak diatasin. Meskipun bukan tipe wajah yang berjerawat parah, tapi saya gampang banget jerawatan. Malahan semakin ke sini semakin sering kena jerawat batu, ngok banget!

Sebenernya mudah sih menandai apa aja yang bisa bikin jerawat lalu nongol di wajah. Pertama kurang tidur. Kedua kecapekan. Ketiga malas cuci wajah. Keempat kalo mau mens. Kelima nggak cocok kosmetik.

Saya tipe orang yang maniak banget ama skin care. Suka coba-coba dan loncat dari satu merek ke merek lain juga. Bahkan sempat kejeglong ke kosmetik abal-abal pula, hadeuuuhh… Untung sekarang udah insyaf dan nggak mau-mau lagi menyentuh kosmetik abal-abal, semurah dan semahal apa pun itu harganya.

Nah, skin care product yang saya coba nggak semuanya cocok gitu dong ke kulit saya yang cenderung kombinasi dan agak sensitif ini. Nah, kalo lagi nggak cocok gitu, muncullah si bala tentara jerawat ini.

Kalau jerawat biasa sih saya masih oke-oke aja kok. Tinggal berhentiin produk yang nggak cocok dan dirajinin lagi bersih-bersih muka dan pake masker. Tapi… kali ini jerawat yang menyerang bawa batu dalam genggaman merekaaa… #halah, maksudnya kali ini yang menyerang adalah jerawat batu :(.

Sedih banget karena kalo udah terserang jerawat batu, kulit saya langsung gosong-gosong dan jerawatnya nggak ilang-ilang, bahkan bisa sampe berminggu-minggu. Nggak banget deh :(. Saya mau jerawat ini ilaaaang!!

Lalu akhirnya setelah brosing-brosing, saya menemukan sabun beras. Oke memang saya udah ada nanospray, ada beauty water dan strong acid juga, tapi kalo emang ada pendamping yang juga oke, kenapa enggak, iya kan? Wkwkwk..

Ternyata nih, sabun beras ini selain menghilangkan jerawat, juga bisa mengangkat sel kulit mati, meniadakan flek hitam, dan minyak berlebih. Lalu, sabun beras yang cocok dijadikan pencuci muka maupun pembersih make up ini juga bisa mencerahkan kulit. Begitulah menurut testimoni yang saya dapatkan.

Menggiurkan.

Enaknya dicoba nggak ya…