Tag Archives: diy

DIY: Menurut Saya, Bikin Bantal Jarum Pentul Dari Kaos Kaki Adalah…

…salah satu ide keren menggunakan kembali barang yang sudah tidak digunakan. Mengurangi tumpukan kaos kaki lama di lemari yang pada akhirnya juga tidak menambah tumpukan sampah kota kan ya?

Jadi sebenernya saya pengen punya bantalan jarum pentul karena jarum pentul saya suka mencar-mencar ke sana ke mari kalo abis saya pake, karena saya dasarnya emang nggak rapi sama sekali :(. Lalu akhirnya muncul pemikiran: kenapa juga nggak bikin bantalan jarum yang juga bisa dijadiin wadah jarum agar jarum-jarum itu tersimpan lebih aman (maklum, kan kecil-kecil gini saya punya anak kecil hehehehe…).

Akhirnya setelah ubek-ubek barang-barang yang tidak terpakai, saya menemukan beberapa barang yang bisa dipakai untuk mewujudkan ide saya itu.

Yang dibutuhkan:
1. Botol bekas (bekas tempat coklat suvenir resepsi nikah temen)
2. Kaos kaki lama yang udah ga dipake tapi belum dibuang-buang juga
3. Kain (atau perca juga gapapa sih)

Yang diperlukan:
1. Gunting
2. Lem UHU
3. Lap kanebo

Cara membuat:

1. Bersihkan dulu botol bekas dengan kanebo.

2. Gulung kaos kaki.

3. Lem bagian atas tutup botol.

4. Tempel gulungan kaos kaki ke bagian atas tutup botol yang sudah dilem tadi.

5. Lem bagian atas gulungan kaos kaki yang sudah ditempel. Nggak usah banyak-banyak sih, soalnya dipake buat nempelin kain aja, dikit aja cukup kok udah bisa nempel dengan erat.

6. Pasang kain (dengan ukuran suka-suka) di bagian atas gulungan kaos kaki. Saya memutuskan untuk bikin kainnya agak nggak beraturan dan memberikan efek drapery di bagian pinggirannya. Saya juga menambahkan satu lapis kain lagi (yang agak lebih kecil) ke atas kain pertama buat kasih efek tumpuk yang bikin tambah cantik.

7. Jadi deh bantalan jarum pentulnya.

Para tuspin Nock!Nock! yang lagi nangkring di bantalan cantik tadi.

Tingkat kesulitan:
(1/5) (Mudah banget)

DIY: Menurut Saya, Membuat Homemade Pitera-Like Adalah…

…tantangan yang ternyata cukup mudah dilakukan. Coba deh, pasti bisa!

Jadi ceritanya, beberapa waktu yang lalu (laluuu sekali, udah lama, cuma baru sempat praktekin kemaren itu #sigh), saya mendapatkan informasi tentang cara membuat pitera sendiri di sebuah grup di Facebook.

Wait, tau pitera kan? Pitera atau yang nama latinnya Saccharomyces Ferment Filtrate ini biasa ada di produknya SK-II. Iya, produk itu, yang harganya bikin nangis itu hiks hiks.. Pitera yang dihasilkan dari fermentasi ragi ini ternyata fungsinya buat kulit itu ngehiittssss banget! Sudah sempet sih dulu membuktikan pas pake FTE SK-II, emang kulit jadi terjaga kelembabannya, lalu bisa merona pinkish pinkish cantik gitu deh. Lalu tapi nggak beli lagi, soalnya duitnya dibuat beli yang lebih terjangkau hehehe…

Dan kemudian menemukan postingan Mbak Rishane (salam kenal Mbak :D) di grup Bening Society yang mengabarkan berita gembira. Bukan, bukan kulit manggis kini ada ekstraknya, Nopek, pwease. Tapi cara bikin homemade pitera, yay!!

Jadi, menurut postingan itu, untuk bikin DIY Pitera ini, pertama-tama kita kudu menyiapkan:
1. Nasi yang baru mateng 2 sendok makan
2. Ragi roti 1 sendok teh
3. Wadah kaca bertutup
4. Gelas kaca diisi air hangat-hangat kuku setengah
5. Kertas saring
6. Plastik
7. Karet gelang

(Btw, karena itu nemu caranya pertama kali di grup Bening Society @house_of_bening, jadi botolnya dikasi stiker logo bening deh, hehehe…)

Cara membuatnya adalah:
1. Masukkan 2 sdm nasi yang baru mateng itu ke dalam gelas yang sudah diisi air hangat-hangat kuku setengahnya. Tambahkan 1 sdt ragi roti.
2. Aduk-aduk sampai rata.
3. Tutup gelas dengan plastik dan rapatkan dengan karet gelang. Usahakan bener-bener rapat ya agar tidak ada udara yang masuk.
4. Biarkan berfermentasi selama 3 jam.
5. Setelah 3 jam (dan muncul gelembung-gelembung kecil di bawah plastik), buka plastik.
6. Siapkan wadah kaca yang sudah disterilkan.
7. Saring air hasil fermentasi dengan kertas saring, masukkan ke wadah kaca.
8. Tutup dan simpan di lemari es.

Hasil fermentasi alias homemade pitera ini bisa bertahan selama 3 hari.

Pas nyoba bikin, saya nggak punya kertas saring, jadi saya nyaringnya pake kain. Nah, rupanya kain yang saya pakai nyaring kurang rapat seratnya, jadi nyaringnya nggak bersih :(. Jadi setelah disaring, airnya masih keruh putih gituh, dan pas udah didiamin di kulkas beberapa jam, akhirnya ada endapan gitu di bagian bawah wadah kaca yang saya pakai menyimpan pitera. Jadi saya pindah deh piteranya ke wadah kaca lain, menyisakan endapan di wadah lainnya.

Setelah gugling-gugling, sepertinya sumber informasi tentang homemade pitera ini adalah Mbak Lintang Rinastiti (salam kenal juga Mbak 😀 – ya sapa tau gitu Mbak Rintang berkunjung ke postingan ini hehehee..). Di postingan ini, dibahas dengan mendalam tentang cara membuat pitera rumahan dan langkah-langkah beserta fotonya.

Sekarang sudah dua hari ini saya pakai pitera rumahan ini, dan hasilnya memang kulit saya terlihat pinkish-pinkish juga sama kayak waktu pake FTE SK-II dulu gituk! Cuman pitera yang ini emang baunya agak nyengat sih, kayak waktu emak saya bikin tape gitu deh. Ah tapi nggak papa juga, ini cara hemat, efektif, dan efisien untuk mendapatkan kulit wajah yang terlihat sehat dan kinclong tanpa pake krim abal-abal! Semangat! Makasii ya yang udah berbagi DIY homemade pitera, saya senang saya senang saya senaaaang….

Happy Wedding Anniversary, Cinta!

Masih teringat tepat hari ini, 3 Februari, dua tahun yang lalu, saya resmi jadi Nyonya Fatchur. Meninggalkan semua kehidupan sebagai seorang lajang menjadi seorang istri yang alhamdulillah juga tak lama kemudian diberi kepercayaan untuk menjadi seorang ibu.

Dua tahun terlewat sudah dan keluarga kecil kami makin lengkap dengan hadirnya #beibizee yang menceriakan dan meramaikan hari-hari. What a beautiful gift!

beibizee, asheraziza
The greatest gift: Zizii
beibizee, asheraziza
Grow strong & healthy my girl!
beibizee, asheraziza
Adorable! Overload!

Tak ada perayaan, tak ada makan-makan di restoran, tak ada second honeymoon, ataupun berlibur bersama to celebrate this day. Kami hanya makan cake in a jar dan saya memberi Cinta sebuah hadiah scrapbook buatan sendiri.

cake in a jar, jar cake, scrapbook, wedding anniversary
Second wedding anniversary menu: Scrapbook and Cake in a Jar
scrapbook, wedding anniversary
The scrapbook. My very first scrapbook.

Foto-foto di scrapbook ini dicetak dari foto Instagram saya yang berhashtag #roadtosecondanniv. Sengaja bikin hashtag itu biar bertema hehehe.. Dan nyetaknya pake jasa Pictalogy (dulu Instalogy), nggak mengecewakan ;).

Salt&Cocoa, jar cake, cake in a jar
Salt&Cocoa Jar Cake by Lely Citra

Cake in a jar buatan mbak Lely ini enak banget! Saya pesen yang Chrunchy Nutty Chocolate sama Tiramisu. Baru kemakan satu sih, yang Nutty, dan sumpaaah enaaaaaak! Kacangnya gurih banget, browniesnya nendang, duh pokoke wenak deh :).

Thanks for all these years, thanks for being a part of my life. I love you Cinta & Zizii.. so much!

Note: by the way, ini video yang sedikit mendokumentasikan tentang proses pembuatan scrapbook-nya :D, monggo ditonton.

My Own Stripes Skirt

Akhir-akhir ini saya memang merasa semakin perempuan saja. Ahahaa.. Salah satunya saya jadi suka masak. Bulan ini aja saya sudah berhasil masak pepes ayam sama ayam goreng panir celup saus tomat. Saya juga jadi tertarik banget sama kegiatan menjahit, jadi pengen banget kursus menjahit.

Tapi, first thing first. Semuanya harus dilakuin tahap demi tahap, satu-satu, dari yang paling dasar dulu.

Saya bukan cuma pengen bisa menjahit, saya pengen bisa mendesain juga, dan memecah pola desain saya itu. Dulu pas smp, saya ikutan ketrampilan Tata Busana sih. Di situ diajarin pola dasar blouse sama rok, gag sampek ke celana ataupun macam2 bentuk kerah dan lengan. Tapi lumayan lah, saya jadi punya sedikit dasar untuk lebih mengenal pola dan cara-cara menjahit.

Eh, saya juga pernah bikin desain rok sendiri loh! Hahaha, gag macem-macem sih, rok A line biasa. Cuma saya yang nentuin bahan rok, bahan pelapisnya, sampai motif rok itu. Jadinya ya persis banget sama coret-coretan saya, cuman yang njahit ibuk saya tercinta yang juga hobi banget menjahit hihi..

Continue reading My Own Stripes Skirt