Bikin Sirup Maple di Rumah

Yak kali ini saya akan posting resep kue. Yea yea, saya tahu. Ini baru pertama kalinya saya ‘cawe-cawe’ dengan yang namanya resep makanan. Biarin deh, gimana pun juga saya kan cewek, calon istri, calon ibu, calon penguasa dapur yang harus menyiapkan makanan dan camilan bergizi dan mengenyangkan bagi keluarga saya.. (wencik kenapa tiba² saya menulis begini.. ah gapapa deh :P)

Dan in my first postingan soal resep ini, saya akan menyajikan menyuguhkan dan memberikan (#halahkah) resep membuat sirup maple. Kata @merrywulan, sirup maple adalah pacarnya pancake. Iya, karena sirup ini adalah yang biasa disiramkan ke atas pancake atau kue wafel.. nyam!

Alat² yang dibutuhkan:
1. Panci bergagang
2. Sendok kayu

Bahan² yang harus disediakan:
1. Secangkir gula pasir
2. Secangkir gula merah
3. Secangkir air
4. Satu sendok teh ekstrak vanila
5. Satu sendok teh ekstrak maple

[Kalau gag ada gula merah bisa pakai gula pasir atau gula halus, tapi sirupnya gak bakal terlihat sekental biasanya]

Cara membuat:
Campur air dan kedua jenis gula itu di panci bergagang. Letakkan di atas kompor dengan api sedang dan biarkan mendidih. Didihkan pelan-pelan selama 10 hingga 15 menit atau sampai mengental sesuai selera. Sebaiknya cukup kental sehingga sirup ini tidak meluber di atas pancake biar nggak terlalu nyemek pancake-nya.

Taraa, sirup maple siap digunakan. Bisa juga disimpan dulu di kulkas. Gunakan botol sirup bekas, botol air, atau termos untuk menyimpan sirup.

Kalau ingin sirup yang lebih kental, gunakan lebih banyak gula dan kurangi airnya.

Sirup bisa disimpan di lemari es selama berminggu-minggu, dan jika sirup membeku, cukup masukkan ke mikrowave sebentar saja hingga mencair lagi. Sirup hangat juga enak lo.

Kalau pengen cita rasa mentega di dalam sirup, tambahkan dua sendok makan mentega ke sirup, atau cukup olesi pancake, wafel, atau roti panggang dengan mentega.

Kenapa sih repot-repot bikin sirup sendiri? Bukannya gampangan beli di toko aja? Ya, wiseman says.. “Nggak ada yang seenak makanan rumahan.” Jadi, boleh dicoba kan? 😀

Diterjemahkan dengan sangat bebas dari: http://www.articleexclusive.com/article/how-to-make-homemade-pancake-syrup-138976-1.html

9 thoughts on “Bikin Sirup Maple di Rumah”

Leave a Reply